Kisah Tobat Harun Berhenti menjadi Blogger Copypaste

Saya sudah bosan membahas tentang blog atau tentang SEO atau apalah itu yang mengenai tutorial Blog karena saya sendiri sebenarnya tidak terlalu paham dengan Blog dan Apa itu SEO. Saya cuma ikut-ikutan saja sama blogger lain haha.

Karena memang passion saya itu bukan jadi penulis alias hobi saya itu adalah bermain musik bukan menjadi penulis. Cita cita saya dari dulu itu ingin menjadi musisi yang paling berpengaruh seantero dunia tapikan itu hanya mimpi hehe.

Jadi semua artikel yang saya posting sebelumnya yang membahas tentang tips blog dan segala macam itu semuanya adalah kesoktahuan dari saya alias pura-pura ngerti dengan blog namun sesungguhnya saya tidak mengerti sama sekali dengan blog.

Sebenarnya sih hobi saya juga itu adalah menulis tapi menulis lirik lagu bukan menulis tutorial karena saya gak punya keahlian khusus untuk menuliskan atau berbagi tutorial. Jadi jika ada yang membaca tips blog saya yang pernah saya posting itu sebenarnya sok tahuan saya saja bukan berdasarkan dari pengalaman pribadi saya.

Kalau bercerita soal pengalaman di blogger saya masih terbilang baru dalam dunia blog. Saya baru mengenal blog tepatnya tahun lalu 2016 bulan november waktu itu saya browsing lalu mulai tertarik dengan blog.

Awalnya sih saya tertarik karena saya anggap dengan blogger saya bisa menuliskan semua keresahan hati saya atau ingin menyampaikan aspirasi saya lewat kata-kata yang nantinya saya akan buatkan sebuah lagu namun karena mungkin saya tidak terlalu ahli dalam membuat kata-kata sehingga semua puisi yang saya buat itu gak ada yang baca haha menyedihkan bukan ?

Seiring berjalannya waktu tepatnya bulan desember 2016 saya mulai tertarik untuk membuat blog tentang tutorial, dan saya mencoba mencari artikel-artikel tentang tutorial sembarang. Ketika menemukan blog yang banyaj tutorialnya tentang tekhnologi, saya kepikiran mengcopy paste semua artikelnya untuk di tuangkan ke blog saya haha jahat bener saya ini.

Semua artikel yang saya copy paste itu saya ralat sedemikian rupa agar kesannya tidak copy paste tapi nyatanya anu copas hehe.. sebelumnya saya minta maaf pada blog yang saya curi artikelnya untuk saya posting ulang di blog saya. 

Sampai disini apes saya sebenarnya belum berhenti. Walaupun sudah banyak artikel copas yang saya posting tetap saja blog saya sepi pengunjung. Hmm dalam hati saya berpikir salah saya opo toh mengapa blog saya sepi terus kayak kuburan.

Padahal dulu banyak blog yang membahas jika banyak artikel banyak pengunjung namun nyatanya tidak berlaku bagi saya, banyak artikel hanya saya pengunjungnya haha sungguh tragis. 

Sewaktu kemudian hari saya mulai lelah untuk copy paste tutorial tentang tekhnologi dari blog seseorang dan akhirnya saya mulai bertobat kepada Allah untuk tidak mencuri konten seseorang karena hasilnya tetap sama malah lebih banyak sedikit pengunjung jika artikel yang saya buat itu original dibandingkan dengan artikel yang saya copy paste.

Perlahan saya mulai sadar akan semua dosa yang saya lakukan, dan sedikit dapat pencerahan. Jika kita ingin bermain Adsense kita itu harus bermain jujur. Dimana-mana setiap pekerjaan apa kejujuranlah yang nomor satu. Begitupun dengan bermain blog kita harus jujur meskipun artikel masih sedikit tapi yang jelas semuanya hasil pikiran sendiri.

Jujur walaupun saya gaptek soal tekhnologi atau bukan dari sekolah komputer semua artikel di blog ini memang semuanya bukan dari pengalaman saya pribadi melainkan separuhnya dari pengalaman para blogger lain. Namun yang saya banggakan di blog saya satu ini dibandingkan blog saya yang lain adalah walaupun artikelnya bukan berdasarkan pengalaman pribadi saya tapi semua artikel yang terposting disini adalah hasil ketik tangan saya sendiri dan pemikiran improvisasi saya sendiri.

Walaupun artikel masih terhitung jari tapi hampir setiap artikel yang saya buat di blog ini menang di antara blog saya yang lain. Artinya visitor blog saya satu ini lumayanlah dibandingkan blog copas saya yang lain dan saya sadar lagi dan mulai mengingat dosa-dosa saya waktu mencuri konten seseorang untuk saya posting ulang. Ternyata memang benar jika kita jujur maka rezeki pengunjung itu akan datang.

Sejak blog ini saya buat saya mulai sadar dan mulai bermain jujur dalam ngeblog, sedikit demi sedikit artikel yang penting dari hasil tulisan sendiri dan pemikiran sendiri dibanding banyak artikel tapi bukan yang original. Bukan begitu sob ?

Saya harap dengan saya menuliskan pengalaman saya sewaktu pertama-tama mengenal blog agar langkah yang saya lakukan ini tidak di ikuti para blogger pemula karena percuma. Saya bilang percuma sekali karena saya sudah mengalaminya.

Mendingan anda jujur mendingan anda apa adanya mendingan anda berpikir sendiri menulis sendiri dibanding anda ingin banyak artikel tapi hasil curian itu sama saja percuma. Semoga kisah saya ini bisa menjadi motivasi para blogger pemula agar tidak mengikuti jejak awal saya dalam menekuni dunia blog. Karena akan merugikan dan membuat capek sendiri hehe seperti saya hehe.

Saya gak malu menuliskan pengalaman saya tentang pencurian konten, maksud saya menuliskan pengalaman saya ini supaya para blogger pemula berpikir dua kali ketika ingin mencuri konten seseorang untuk di posting di blog mereka.

Oke sampai jumpa sob !!!


Harun dwi putra



Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Kisah Tobat Harun Berhenti menjadi Blogger Copypaste"