Inilah 5 Penyebab Rasa Malas Dalam Ngeblog ala Harun

Banyak sekali rintangan dan tantangan untuk menjadi seorang blogger yang konsisten dalam menuliskan artikel untuk blog. setiap hari ada saja halangan atau yang membuat kita sebagai blogger menjadi malas membuat konten.

hal-hal dasar yang menyebabkan blogger pemula malas dalam membuat artikel itu tidak adanya pengunjung di blognya, mungkin logikanya seperti ini para blogger sudah capek-capek menulis dan berpikir untuk membuat sebuah artikel tapi tidak ada seorangpun yang membacanya. kan jadinya sedih gitu ?

tapi sebenarnya sih menurut saya cara menghilangkan rasa malas dalam ngeblog untuk pemula itu simple anda harus jadikan blogger sebagai hobi anda. Sedikit atau banyak Visitor blog anda, anda tak pernah pedulikan itu sebab hobi anda adalah menulis. bukan begitu sobat ?

nah disini saya akan menuliskan pengalaman saya dalam menekuni dunia blogger dan cara saya menghilangkan rasa malas saya dalam ngeblog khusus pemula. semoga pengalaman ini bisa jadi referensi tambahan bagi blogger pemula agar tetap happy dalam menjalani profesinya sebagai blogger.

Oke langsung saja sobat silahkan simak dibawah ini !!!


Lakukan Trik ini untuk menghilangkan rasa malas dalam ngeblog ala Harun 


Pertama :Ngeblog bukan hobinya

saya sebenarnya sangat senang dalam menulis sebuah artikel pada blog, ada banyak blog saya kelola salah satunya blog ini. walaupun penghasilan belum pernah saya terima dari Adsense, saya tidak pernah merasa Malas dalam membuat artikel setiap harinya. meskipun itu tidak ada sama sekali orang yang membaca artikel yang saya buat. saya tetap rajin atau rutin setiap hari membuat artikel minimal satu artikel satu blog. karena menulis dan berbagi cerita pengalaman pribadi saya adalah Hobi yang menyenangkan bagi saya walaupun itu penghasilan tidak ada.
terkadang yang membuat blogger pemula itu malas adalah karena ingin menjalani profesi sebagai blogger untuk mendapatkan penghasilan tanpa ada hobi sama sekali dalam menulis. jelas ini sangat bertolak belakang dari apa yang di jalani. jadi jika penghasilan itu atau jangankan penghasilan belum di terima adsense saja sudah malas membuat konten alias patah semangat. jelas sangat berpengaruh pada blognya dan lama kelamaan blognya mulai tak terurus.

Kedua : Kesibukan Dunia Nyata

kita tidak hanya hidup semata-mata di dunia online saja melainkan kita juga hidup di dunia yang sesungguhnya. ada banyak sebenarnya alasan mengapa rasa malas dalam ngeblog itu. mungkin salah satunya blogger ada kesibukan lainnya di dunia nyata atau banyak jobnya di pekerjaan offline sehingga blognya tidak terurus sama sekali.
cara mengurusnya sih simple simple saja menurut saya pribadi karena saya juga adalah karyawan disalah satu perusahaan retail terbesar yang ada di indonesia. jam kerja saya itu jam 07 pagi sampai sore atau jam 02 sore sampai malem jam 11 malem. tapi saya tetap konsisten membuat artikel minimal satu artikel tiap hari. disela-sela waktu istirahat saya dalam bekerja saya mencoba menulis apa isi pikir dan hati saya.

dan bila saya sudah pulang kerja saya selalu menyempatkan untuk membuat konten artikel, meskipun tubuh serasa capek abis bekerja offline tapi karena menulis adalah hobi saya jadi tak ada sedikitpun rasa malas atau rasa capek yang membuat saya malas membuat artikel.

Ketiga : Tidak ada Inspirasi atau Ide

ini paling banyak yang blogger rasakan termasuk saya juga. walaupun kita ingin menulis artikel namun jika tidak ada inspirasi atau ide, mau bagaimana coba ? hmm berdasarkan pengalaman saya dalam ngeblog cara agar mendapatkan ide untuk menulis artikel itu biasanya saya selalu jalan-jalan kesana kemari atau sekedar mengobrak-abrik blog seseorang untuk mencari-cari sebuah ide.
ketika  saya sudah menemukan ide yang pas, saya kemudian mengimprovisasi ide yang saya dapatkan melalui pemikiran saya. biasanya ini saya lakukan jika saya tidak mendapatkan ide dalam menulis. namun bukan berarti anda harus mengopy paste artikel dari blog orang lain agar anda tetap konsisten dalam ngeblog.

itu salah besar dan jangan sampai anda melakukan yang seperti itu, lebih baik anda artikel anda sedikit yang jelas itu adalah original dari tangan anda sendiri, percuma artikel anda banyak jika semua artikel itu adalah hasil copy paste dari blogger lain.

Keempat : Fasilitas Tidak Mendukung

biasanya hal seperti ini sering terjadi pada diriku sendiri, mengapa saya bilang demikian ? karena saya adalah blogger mobile alias Menulis artikel lewat Smartphone. semua artikel yang saya tulis di blog ini hampir semuanya dari smartphone dan tidak ada sama sekali dari PC. 
saya tidak pernah membuka blog dari PC kecuali jika saya ingin memasang kode kode HTML segala maca baru saya pergi ke warnet karena bila melalui smartphone kode-kode seperti itu tidak mendukung. walaupun saya ingin menulis artikel agar tetap konsisten namun apa daya jika kouta internet saya habis atau sekarat otomatis saya gak bisa donk untuk menulis artikel.

tapi ini sifatnya hanya sementara. biasanya saya menghabiskan kouta internet untuk smartphone agar tetap konsisten membuat artikel itu 20 GB hanya seminggu wah boros banget kan sobat. yah hampir separuh Gaji saya dalam bekerja offline kuselipkan untuk membeli kouta internet agar hobi saya bisa terus saya lakukan karena menulis adalah hobi saya.

Kelima : Tidak mood atau bosan sementara waktu

nah kalau yang ini hampir sih tiap blogger pasti pernah mengalami hal serupa ini termasuk saya. mungkin hampir ada musimnya atau waktunya rasa mood itu datang melanda saya dalam menjalani dunia blog. bosan sementara waktu dikarenakan tidak ada sama sekali perubahan sama sekali pada blog sehingga menyebabkan bosan sementara waktu. 
rasa bosan memang hampir mirip dengan rasa malas, ketika kita sudah berusaha dalam membuat artikel namun visitornya sangat diluar dari dugaan atau expekstasi pasti rasa bosan itu muncul dengan sendirinya karena tidak ada sama sekali perubahan.

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab rasa malas dalam ngeblog. atau bukan hanya ngeblog saja yang bisa membuat orang malas melainkan hampir semua pekerjaan atau manusia mempunyai rasa malas pada dirinya. jadi bukan hanya para penulis saja yang mengalami rasa malas tapi semua pekerjaan ada efek rasa malasnya.

baik itu jika pekerjaan yang kita jalani tidak ada perubahan sama sekali atau tidak ada peningkatan sama sekali yang biasa menyebabkan kita malas dalam ngeblog. jujur saya sebenarnya orang yang sangat malas sekali di dunia nyata, saya kurang aktif bergaul pada teman-teman sekitar saya. saya paling benci berada di keramaian karena membuat otak saya terkungkung tak berdaya, karena itulah saya menjadi seorang blogger walaupun masih baru dalam menekuni dunia blog yang jelas blogger hehe.

karena banyak sekali mimpi dan keresahan hati saya dalam mengarungi hidup sehingga saya rasa menulis di blog salah satu wadah menuangkan semuanya kedalam tulisan apalagi saya orangnya jarang berbicara kepada orang lain kecuali orang terdekat saya. semoga tips di atas itu bisa memberikan sedikit anda referensi agar bisa tetap konsisten dalam ngeblog.

caranya sederhana yaitu jadikanlah profesi blogger anda sebagai hobi agar tidak ada sama sekali rasa malas yang datang padamu, sayapun demikian saya menjadikan profesi sebagai blogger adalah hobi sehingga rasa malas tidak mampu menghentikan saya dalam membuat artikel walaupun saya belum pernah mendapatkan gajian dari adsense.

oke sampai disini dulu sobat wassalam.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah 5 Penyebab Rasa Malas Dalam Ngeblog ala Harun"

Post a Comment