Cara Membuat Lagu Yang Sederhana dan berkualitas ala Harun

Membuat sebuah Lagu itu sebenarnya Gampang-Gampang susah, ada susahnya dan ada gampangnya. Letak kesusahannya itu saat kita tidak memiliki sama sekali Inspirasi untuk dibuatkan Lagu. Karena lagu itu tercipta berawal dari inspirasi seorang pencipta, ada yang dari pengalaman sang penciptanya dan ada juga menangkap suasana sekitarnya.

Namun membuat Lagu itu juga sebenarnya Gampang, jika anda adalah sangat peka terhadap orang-orang disekitarmu atau sangat sensitif dengan perasaan pasti saya jamin sobat bakal bisa ciptakan sebuah lagu. Jaman sekarang ini Industri Musik indonesia sangatlah Lesu.

Mengapa demikian ? Karena banyaknya Lagu yang dinyanyikan para band-band alay atau solowis sendu yang sangat tidak berkualitas sekali. Ini menurut gue pribadi.

Tanggapan saya mengenai industri Musik di indonesia saat ini mengalami kemunduran yang sangatlah hancur karena hampir atau kebanyakan toko kaset pada tutup dengan maraknya pembajakan sehingga toko kaset merugi dan akhirnya para pencipta lagu bingung jualan kasetnya dimana.

Kecanggihan dari sebuah tekhnologi zaman sekarang ini benar-benar mematikan industri musik indonesia karena hampir semua lagu para pencipta lagu sudah bisa didownload di internet. Sungguh tragis sekali.

Namun di balik semua itu ada juga plusnya mengenai kecanggihan tekhnologi jaman sekarang karena banyak sekali para kreator atau penulis baru bermunculan dan banyak juga yang cari uang lewat internet.

Itulah diatas gambaran saya mengenai musik indonesia jaman sekarang ini.

Terlepas dari itu disini saya tidak akan membahas mengenai kecanggihan sebuah teknologi melainkan yang saya ingin bahas disini adalah Cara membuat Lagu yang sederhana namun berkualitas ala Harun.

Selain menjadi penulis di blog saya juga sebenarnya sebuah pecinta musik bukan sekedar penikmat musik. Mengapa saya menekuni dua profesi sekaligus karena menurut saya Blog dan Musik sama-sama bisa menuangkan segala keresahan hati saya atau sekedar ingin mengeluarkan opini saya tentang kehidupan.

Oke panjang banget yah sobat langsung saja simak dibawah ini Tips-tipsnya.

Cara Membuat Lagu Yang sederhana dan Berkualitas Ala Harun.


Memangnya siapa sih itu Harun ? Pakai ngajarin segala untuk menciptakan lagu emangnya dia sudah ada karyanya yah mengapa sok ngajarin ?

Hmm saya adalah sebuah manusia biasa saja yang tidak terkenal seperti musisi iwan fals, bimbim slank, ahmad dhani, yovie widiyanto, erooss chandra. Walaupun tak setenar atau sejago mereka dalam menciptakan sebuah lagu namun saya juga termasuk orang yang bisa menciptakan Lagu.
Tapi tujuan saya disini untuk berbagi adalah untuk memberi tahukan pengetahuan saya dalam menciptakan lagu kepada para remaja yang berusaha dalam membuat karya lewat musik dan semoga bermanfaat.
Langsung saja yah !!!

1. Peka Terhadap Suasana

Anda tak bisa menciptakan sebuah lagu jika anda tak bisa membuat liriknya dan anda tidak bisa membuat lirik lagu jika anda tidak peka terhadap suasana sekitar anda. Misalnya soal kisah asmara anda. Lewat kisah cinta anda itu banyak sekali kata-kata yang bisa dijadikan lirik lagu jika anda memang peka terhadap sesuatu kejadian disekitar anda.  

Coba tanggaplah semua yang ada disekitar anda tentang kisah cinta anda sendiri lalu tuangkan semuanya kedalam kata-kata berbentuk lirik. Jika anda sudah bisa membuat liriknya anda tinggal membuat nadanya saja. Cara membuatnya gimana ?
Oke langsung kebawah saja !!!

2. Mencari Nada Yang Pas dengan lirik lagu anda

Misalnya anda membuat lirik lagu yang terbilang sedih anda harus mengawali nadanya dari (Am) karena nada suara dari kunci "Am" sangat pas buat dengan lirik lagu yang bersifat sedih.

Jika anda membuat lagu yang bisa dibilang sahabat atau teman. Cobalah anda mengawali kunci nada dari "C" karena kunci "C" sangat cocok untuk lagu-lagu easy leastening untuk persahabatan.

Jika anda membuat lagu yang bercerita tentang petualangan, anda harus mengawali dasar kunci nadanya dari "A mayor" karena kunci nada dasar dari "A mayor sangat cocok buat lagu petualangan.

Bila anda membuat lagu cinta yang bercerita kasmaran cobalah anda mengawali kunci dasar dari "D mayor atau G Minor " karena nada dasar ini sangat cocok untuk lirik lagu seperti itu.

Bila anda membuat lagu cinta yang bersifat sementara baiknya anda awali nada dasarnya dari kunci "B minor " karena kunci tersebut sangat cocok buat lagu seperti ini.

Nb : sebenarnya masih banyak lagi kunci yang bisa digunakan untuk membuat sebuah nada yang berkualitas namun yang saya sampaikan disini yang dasarnya saja dalam membuat nada yang biasa saya gunakan dalam membuat lagu.

3. Usahakan Ketukan Sama dengan lirik

Ketukan anda dalam bermain gitar atau sebuah Bass baiknya liriknya juga harus sama karena ini sangat banyak yang diminati di pasaran musik, sebab ketukan itu sangat berpengaruh dengan laku atau tidaknya sebuah lagu.

Bagi saya jika sudah mendapatkan nada dasarnya saya tinggal menyusuaikan saja dimana lirik tersebut akan saya ucapkan atau nyanyikan.

4. Jujur dan Apa adanya

Karena sebuah slogan dari para musisi atau pencipta lagu itu adalah Jujur dan apaadanya hampir semua lirik musisi handal menggunakan kata-kata di sebait lirik lagunya itu kata-kata apa adanya. Sebab itu adalah suara asli hati mereka bukan yang dibuat. Karena kejujurannya itu membuat orang yang mendengar musiknya juga merasa kena dengan lagu tersebut dan hampir sama dengan kisah-kisah hidupnya. 

Jika anda mengada-ada dalam pembuatan lirik maka saya pastikan lagu anda tidak laku dipasaran karena pendengar musik tidak merasakan apa yang kamu sampaikan dalam sebuah lagu. Musik akan sampai ke pendengar jika itu tercipta dari apa adanya karena kita adalah semua manusia dan hampir semua pasti pernah merasakan patah hati atau semacamnya lah.

5. Lirik mudah dicerna

Jika anda menciptakan sebuah lagu lalu tidak laku di pasaran itu karena lirik lagu anda yang tidak mudah dipahami oleh pendengar musik, mereka bingung apa yang kalian nyanyikan itu sebenarnya apa. Di tambah lagi musik anda tidak pas dengan liriknya. Ada yang lirik bahagia kunci dasar nadanya di Aminor jelaslah itu sangat jelek menurut gue.

Kesimpulan yang bisa gue ambil dari pengalaman saya dalam membuat sebuah lagu itu.


Yah cobalah anda menjadi orang yang empati dan apa adanya dalam bersikap dan jangan dibuat-buat agar apa yang kalian sampaikan itu lewat lagu bisa dipahami atau dirasakan juga para pendengar kalian. Jika anda mengada ngada dalam membuat lirik maka orang tidak tahu isi lagunya ini apaan.

Itulah tadi sedikit trik dan tips dalam membuat sebuah lagu yang sederhana dan berkualitas menurut pengalaman saya pribadi. Semoga bermanfaat.


SS ini adalah karya ciptaan saya sendiri dan saya sudah mengajukan Demo ke salah satu perusahaan rekaman indonesa yang terbaik yaitu Musica Studios.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Lagu Yang Sederhana dan berkualitas ala Harun"

Post a Comment