Tips Agar Bisa Bertahan Lama Dalam Ngeblog

Saya terkadang bingung dengan para sobat Blogger yang masih bisa dibilang baru dalam urusan ngeblog namun sudah mau belajar SEO. Banyak sekali blogger pemula yang fokus belajar SEO dan melupakan membuat konten artikel yang berkualitas.

Sedangkan kita semua tahu kekayaan Blog di nilai dari konten kita yang berkualitas bukan dari SEO. Memang sih penting kita belajar SEO agar Konten kita bisa nangkring di page one mesin pencari namun menurut saya ini adalah kesalahan terbesar alias fatal jika blogger pemula yang belum bisa menguasai tentang Blog langsung kepengin belajar SEO.

Sewaktu saya pernah berkunjung disalah satu komunitas Blogger indonesia di Medsos Google+ saya sering jumpai blogger yang pengin menguasai Ilmu SEO dan sayapun mengunjungi salah satu Blogger yang bertanya tentang ilmu SEO dan betapa terkejutnya saya ketika melihat Blognya yang acak-acakan kayak kapal pecah.

"Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian bagi pemula Jika Belajar SEO

Menurut saya ini adalah kesalahan fatal bagi blogger pemula dalam urusan blog. Nah maka dari itu saya akan membahas tentang Lupakan Sejenak SEO dan Fokus pada Konten. Karena tanpa kita belajar ilmu SEO yang tingkat dewa dengan sedikit ilmu SEO dasar dan konten berkualitas Blog kita sudah bisa nangkring di page one Mesin pencari.

Karena saya sendiri dalam urusan SEO saya cuman belajar dasarnya Saja namun blog saya sudah bisa nangkring di page one mesin pencari Google. Karena saya fokusnya pada konten, konten, dan konten terus tiap hari memikirkan untuk memposting sebuah artikel yang konsisten dan melupakan sejenak SEO. Tapi dengan cara saya ini ternyata bisa membuat mitos para Mastah Blog yang katanya Blog anda tidak bisa tampil di page one Mesin pencari jika tidak belajar SEO. Namun nyatanya bisa kok.

Nah maka dari itu saya akan berbagi Tips agar bisa terus bertahan dalam ngeblog bukan cuma semangat di awal-awalnya saja dan akhirnya berhenti ngeblog. Karena dipusingkan dengan urusan SEO. Oke langsung saja sobat simak dibawah ini.

Pengen Bertahan lama Ngeblog ? Silahkan baca Tips Ala Masharund


Tips agar bisa Bertahan Lama Dalam Ngeblog !!!


1. Konten, konten, dan konten.

Saya tidak terlalu memusingkan ilmu SEO agar blog saya bisa nangkring di halaman pertama mesin pencari, yang saya sering pusingkan yaitu jika saya tidak mendapatkan inspirasi ketika ingin memposting sebuah artikel. Setiap hari saya hanya memikirkan apa yah hari ini yang akan saya posting dan besok apa lagi yah yang bisa saya posting. Ini sudah cukup membuat saya pusing dan saya tidak mau di pusingkan lagi dengan urusan SEO.

2. Target Konten saya Adalah untuk Pembaca Bukan Google.

Banyak sekali Blogger berlumba-lumba membuat artikel yang bisa di sukai oleh Google tanpa memikirkan sama sekali tujuan dari sebuah artikel tersebut yaitu pembaca. Memang ada bagusnya jika blog kita disukai oleh Google namun yang lebih bagus lagi jika Pembaca menyukai Blog kita karena jika pembaca menyukai blog kita maka secara otomatis Google akan menyukai Blog kita juga. Namun yang sering saya lihat di kalangan Blogger pemula adalah membuat artikel hanya untuk Google bukan untuk pembaca, ini sebenarnya salah besar karena tujuan ngeblog itu untuk di baca oleh pengguna internet bukan dengan Google.
Setiap saya membuat artikel saya selalu berusaha membuat sebagus mungkin agar pengguna internet menyukai artikel yang saya buat. Saya tidak pernah berpikir atau mau berpikir untuk membuat artikel yang disukai oleh Google. Karena tujuan saya ngeblog yaitu dibaca oleh pengguna Internet bukan Google.

3. Lupakanlah dulu Ilmu SEO

Yang sering terjadi pada blogger pemula adalah terlalu pusing memikirkan Ilmu SEO yang tingkat dewa sedangkan Ilmu Dasar dari SEO sendiri belum mereka pahami sama sekali. Karena terlalu fokus dengan urusan SEO akhirnya Blognya jadi miskin konten dan pada akhirnya tetap trafic blognya tidak meningkat. Saran saya adalah lupakanlah sejenak Urusan SEO fokuslah pada Konten saja kalau anda membuat konten yang berkualitas tanpa anda menguasai Ilmu SEO tingkat Dewa saya yakin blog anda traficknya akan naik.

4. Dipusingkan dengan Adsense.

Ini yang saya bingungkan atau mengherankan saya tiap saya baca komentar blogger pemula disalah satu Komunitas Adsense di Google+. Mereka para newbie terlalu fokus pada Adsense dan akhirnya Blog jadi terbengkalai karena urusan Adsense. Saran saya anda yang masih baru dalam ngeblog janganlah dulu memikirkan Adsense jika blog anda masih berumur jagung apalagi kontennya masih hitungan jari, biar sampai kapanpun atau sampai menangispun anda tidak akan diterima Oleh Adsense. Fokuslah dalam pembuatan Konten saja agar blog anda terlihat berkualitas dengan begitu anda bisa konsisten dalam memposting sebuah artikel tiap harinya.

Jika konten anda berkualitas maka PV pasti akan bertambah tiap harinya dan jika trafik blog anda meningkat anda dengan mudah diterima oleh Adsense. Jadi jangan dulu pusing soal Adsense jika Masih Baru fokuslah pada konten saja.

"Baca Juga : Apa itu adsense ?

5. Terlalu Sibuk dengan Tampilan Blog

Janganlah anda wahai para blogger pemula terlalu sering memusingkan atau terlalu sibuk mengonta-ganti tampilan blog anda karena jika anda sibuk dengan urusan tampilan Blog maka saya pastikan Konten akan terbengkalai dan Blog anda menjadi miskin konten. Blogkan adalah saran menulis dan menuangkan isi hati, jadi fokuslah membuat konten saja.  Bila blog anda sudah memiliki PV yang banyak karena Konten anda baru memikir tampilan Blog anda itu baru keren Namanya.


Saya sendiri tidak terlalu fokus dengan urusan SEO, tidak terlalu dipusingkan dengan Adsense, tidak terlalu sibuk dengan Tampilan Blog namun yang saya pusingkan itu jika saya tidak konsisten membuat konten artikel setiap harinya karena tidak ada inspirasi sama sekali. Kalau saya tidak konsisten dalam membuat artikel maka saya pusing 7 keliling dan harus cari inspirasi agar saya bisa memposting sebuah artikel. Ketika saya mendapatkan inspirasi betapa bahagianya saya jika bisa memposting artikel setiap harinya.

Walaupun tulisan saya jelek atau tidak terlalu menarik yang jelas saya bangga pada diri saya sendiri karena sudah bisa konsisten dalam urusan konten setiap harinya dan saya senang karena semua konten saya adalah asli dari pengalaman saya bukan dari hasil copypaste seperti Blogger lainnya.

Kesimpulan yang dapat kita rangkum


Tetaplah pada tujuan awal dalam ngeblog yaitu membuat konten, lupakan dulu urusan SEO dan kesampingkan dulu urusan tampilan Blog dan jangan terlalu dipusingkan dengan Adsense. Karena jika anda bisa melewati semua itu saya yakin anda bisa bertahan lama dalam ngeblog dan membuat konten yang konsisten dan sebaliknya jika anda terlalu sibuk urusi sana sini dan melupakan konten maka saya yakin anda tidak akan bertahan lama dalam ngeblog.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Agar Bisa Bertahan Lama Dalam Ngeblog"

Post a Comment