Belajar Ngeblog dari Sugeng, Klikmania, Dan JuraganCipir

Tak bisa dipungkiri sewaktu saya pertama kali belajar untuk ngeblog saya sering mengunjungi blog-blog mastah seperti sugeng.idklikmania.net dan juragancipir.com. dulu saya tidak mengetahui blog-blog ini namun semua yang saya cari jawabannya ada disalah satu blog tersebut. Jika saya tidak menemukan jawaban persoalan kebingungan saya dalam belajar ngeblog di salah satu blog tersebut saya pasti mengacak-acak blog mereka dan pada akhirnya saya menemukan jawaban tentang blog yang ingin saya pelajari.

Sejak saya sering berkunjung dan akhirnya tahu ternyata mereka bertiga adalah para mastah blog indonesia. Dalam hati gue waw pantasan yah semua panduan ngeblog anda di blog mereka. Berkat ketiga blog tersebut saya pada akhirnya mulai tahu dasar-dasar dalam ngeblog dari segi teknis maupun non-teknis. Nah dari pengalaman inilah saya terinspirasi membuat artikel ini agar nantinya para blogger pemula yang serius dalam menekuni dunia blogging dan menemukan kesulitan dalam ngeblog bisa menemukan jawaban tepat karena ketiga blog ini pantas banget dijadikan referensi belajar dasar hingga mahir dalam ngeblog.

1. sugeng.id

Siapa sih yang tak kenal dengan mas sugeng ini ? Pria muda yang tampan dan kreatif dalam urusan template blogger. Hampir semua blogger newbie selalu bertanya pada mas sugeng dalam urusan blog. Ada yang bertanya di kolom komentar artikelnya dan ada juga via sms dan pada akhirnya yang bertanya menemukan jawaban dari kesulitan yang ia hadapi dalam ngeblog. Maka tak jarang hampir setiap artikel yang ia posting komentarnya banyak di bawah artikelnya karena pemilik blog ini yaitu mas sugeng sangat ramah pada pengunjung blognya dan hampir dipastikan menjawab semua atau membalas semua pertanyaan yang ditanyakan oleh pengunjung blognya. Namun seiring saya sering mengikuti blog dari mas sugeng rasanya saya mulai jenuh karena isi artikel blognya hanya itu-itu saja karena mas sugeng jarang sekali membuat artikel yang konsisten.

Kendala mas sugeng tidak konsisten dalam ngebuat artikel dikarenakan ia disibukkan oleh jualan template blognya. Sehingga membuatnya jarang posting artikel menarik. Ini adalah blog idola saya dalam belajar ngeblog hingga pada akhirnha saya bisa menguasai dasar-dasar dari blogger. Bagi saya blog mas sugeng ini yang bersifat blog pribadi yang bebas dalam berbicara cocok buat jadi referensi belajar ngeblog untuk para pemula. Selain mas sugeng ada siapa lagi ?

2. klikmania.net

Awal saya tahu blog ini adalah blog yang sangat kaya akan artikel baik itu panduan untuk pemula hingga para mastah karena pemilik dari klikmania.net ini adalah mastahnya para mastah alias master blog. Dulu saya belum tahu apa-apa tentang blog dan tentang klikmania.net gua kirain dulu klikmania.net adalah sebuah blog namun ternyata klikmania.net adalah sebuah perusahaan. Yang buat saya tertarik dengan semua isi artikelnya sehingga membuat saya betah berlama-lama di dalam blognya adalah link internalnya yang sangat relevan dengan isi artikel yang bisa mengarahkan kita-kita ini yang belajar banyak mengetahui sesuatu yang baru dalam ngeblog. Selain banyak memberikan referensi belajar buat saya klikmania.net juga termasuk blog yang terbilang ramah sebab pemiliknya Gani sebastian selalu menjawab semua pertanyaan yang di lontarkan para pengunjungnya. Tak jarang para pengunjung yang bertanya dan menemukan kesulitan dalam ngeblog mendapatkan kepuasan tersendiri setelah mendapatkan jawabannya dan arahannya langsung dari mastah abang Gani sebastian.

3. juragancipir.com

Nah blog yang satu ini pemiliknya adalah seorang wanita. Wanita yang apa adanya dalam berbicara lewat tulisan di blog dan sederhana dalam bersikap dalam menyikapi semua pertanyaan visitor blognya. Yang saya sukai dari blog juragancipir adalah isi artikelnya yang terbilang mudah dicerna karena artikelnya dibungkus oleh bahasa sehari-hari sehingga tidak membuat kita jenuh dalam membaca semua artikelnya. Waktu pertama kali belajar ngeblog saya juga sering dulu mengunjungi blog dari Mbak Indri Lidyawati yaitu Juragancipir.com untuk sekedar mencari referensi blog atau sekedar nyimak isi komentar dari setiap artikelnya karena hampir setiap artikel yang ia posting pasti banyak komentar dibawahnya yang membuat kita merasa terintegrasi juga lewat para komentar blognya. Walau gak pernah ketemu dengan pemilik dari juragancipir.com secara langsung namun saya bisa menebak karakter pemilik blog dari juragancipir ini adalah seorang wanita yang rendah hati karena lewat semua artikel yang ia posting bisa membaca karakter dari mbak Indri Lidyawati. Blog juragancipir sangat cocok untuk pemula bahkan yang sudah mastah belajar di blog ini karena ada banyak jawaban yang bisa kita temukan dalam setiap masalah yang kita hadapi.

Nah itulah tadi ketiga blog idola saya dulu waktu pertama kali dalam belajar ngeblog. Karena berkat ketiga blog tersebut saya hingga saat ini sudah bisa menguasai dasar-dasar tentang blog. Maka dari itu saya buat artikel tentang mereka bertiga agar sekedar saran buat para pemula agar sering-sering berkunjung kesalah satu blog mereka untuk mencari referensi mengenai blog. Ketiga blog tersebut bukannya hanya membahas mengenai blog namun istri dari blognya yaitu Adsense. Disana ada banyak panduan untuk adsense.

Penasarankan dengan ketiga blog mereka ? Langsung saja kunjungi blog mereka dibawah ini.




Saya sangat berterima kasih pada ketiga pemilik blog diatas tersebut karena merekalah saya bisa menguasai sedikit dasar-dasar dalam blog. Maka dari itu saya sangat merekomendasikan kepada para pemula agar belajarlah pada ketiga blog tersebut yakin dan percaya anda akan cepat pintar atau paham mengenai dasar-dasar blog. Nah seperti itulah sobat dan semoga bermanfaat yah guys.


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Belajar Ngeblog dari Sugeng, Klikmania, Dan JuraganCipir"